Kamis, 11 Maret 2010

Renungan Harian HKBP Tapian Nauli


Selasa                                                                                                                                               09 Maret 2010
“Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia.”
2 Tawarikh 16 : 9a

Mrk. 9 : 14 – 24                                                                                                                                Mzm. 126 : 1 – 6
                                                                                    KJ. 220 : 5 – 6

Mata Tuhan

Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik (Amsal 15:3). Demikian pernyataan Salomo dalam Amsalnya. Pernyataan ini memberikan pengertian kepada kita bahwa untuk segala sesuatu yang ada didalam dunia ini tidak ada yang tersembunyi dari mata Tuhan. Artinya Tuhan mengetahui segala sesuatu, Dia dapat melihat segala sesuatu bahkan yang tersembunyi sekalipun sampai didasar hati kita. Yeremia 17:10a mengatakan : “Aku, Tuhan, yang menyelidiki hati, yang menguji batin,….”. Jadi jelasnya.. tidak ada yang tersembunyi dimata Tuhan. Kalau begitu apa yang kita pahami dari kebenaran ini ? Ada dua hal yang perlu kita pahami disini sbb:
Yang pertama, Tuhan mengawasi orang jahat, artinya segala perbuatan setiap orang yang tidak benar itu terbuka dimata Tuhan. Jadi jangan pikir bahwa apa yang kita lakukan di tempat tersembunyi, tempat gelap, tertutup bahkan di kamar kita atau kamar apa pun tidak di ketahui atau tidak di lihat oleh Tuhan. Dia melihat dan mengetahu semua itu. Oleh karenanya jangan berbuat jahat sebab Mata Tuhan melihat engkau.
Yang kedua, Tuhan mengawasi orang baik, artinya Dia tahu keberadan kita, siapapun kita itu, dimanapun kita berada Tuhan tau dan Tuhan siap sedia untuk menolong kita kapan pun. Dasyat…! Perhatikan 2 Tawarikh 16:9a, dikatakan disana bahwa; Karena mata Tuhan menjelajah seluruh bumiuntuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. Allah begitu menghargai mereka yang mengabdi kepadaNya sehingga Ia menjelajah seluruh bumi untuk menandai semua orang yang mengasihi-Nya dengan setia dan memihak kepada tujuannya. Allah melakukan ini untuk mendukung dan menolong orang semacem ini didalam bahaya apapun, penderitaan atau pencobaan apapun yang mereka hadapi. Sudah tentu Allah membedakan diantara umatNya yang sepenuh hati mengabdi kepadaNya dan yang hatinya bercabang. Karena itu bagi kita yang bersungguh-sungguh dengan Tuhan tidak perlu takut dan gentar terhadap segala macam tantangan dan kesulitan karena Mata Tuhan tertuju kepada kita. Mari maju terus dan tetap setia. Amin..!

                                                                            Doa Bapa Kami…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar