Kamis, 11 Maret 2010

Renungan Harian HKBP Tapian Nauli


Kamis                                                                                                                                                   11 Maret 2010
Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui;
berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!”
Yesaya 55 : 6

Mat. 8 : 25 – 27                                                                                                                                2 Taw. 14 : 9 – 15
                                                                                           KJ. 454 : 1 – 2

Masih adakah waktumu untuk Tuhan?

Belakangan ini banyak anak Tuhan yang   terseret oleh tarikan hal-hal lain yang membuatnya menjauhkan diri dari persekutuan dengan Tuhan. Ada kesibukan lain, kegiatan lain atau aktivitas lain yang lebih menyita atensi (perhatian) dan ketertarikan mereka daripada beribadah, berdoa, memuji dan menyembah, bertemu saudara seiman, saling menguatkan, mendorong, belajar Firman Tuhan, pemuridan, mendalami isi hati Bapa lewat membaca Alkitab atau buku-buku rohani, ternyata sudah ada hal lain yang lebih menarik minat mereka, salah satunya TV, atau sebut saja fenomena yang terbaru: Facebook. Ada yang sengaja tak mau datang lagi beribadah karena pas jam ibadah bertepatan dengan waktu tayang sinetron favoritnya, atau karena sudah janjian dengan teman untuk chatting atau jalan-jalan ke mall.
Nah, coba renungkan! Manusia kerja untuk apa? Uang, bukan? Sekarang, jika ada orang menjadikan kelelahan, kecapaian bekerja lantas tidak lagi bergairah untuk mencari Tuhan, menurut sodara baik atau jahat? Tentu saja jahat! Kenapa? Sebab tenaga, kekuatan, akal pikiran yang dipakai untuk bekerja siapa yang memberikannya? Tuhan, bukan? Nah, mereka sudah kerja dengan kekuatan dan hikmat, kemampuan dari Tuhan, lantas menjadikan kerja dan efek dari kerja (rasa capek, lelah) sebagai alasan untuk tidak mencari Tuhan, maka itu bukan jahat, melainkan SANGAT JAHAT! Malah sebenarnya dengan beribadah seseorang mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas kekuatan dan kemampuan sehingga ia dapat bekerja dan mendapatkan uang. Saudara, Alkitab mengingatkan kita untuk mencari Tuhan selagi masih ada waktu dan kesempatan.
Rasa cinta, lapar dan haus akan Tuhan dan kebenaranNya harus diupayakan, diusahakan, dan dipelihara (baca: Mazmur 119:19-20; 24-25). Memang ini butuh pengorbanan dan perjuangan, tapi ingat bahwa kita mencari Tuhan karena memang kita membutuhkan dia. Oleh karena itu, usahakanlah mengadakan waktu mencari Tuhan dan beribadah, baik secara pribadi maupun korporat. Aturlah jadwal kegiatan rutin sehari-hari agar selalu ada waktu dengan Tuhan dan saudara seiman. Gunakan renungan harian pendamping, atau buku-buku rohani. Dengarkanlah khotbah-khotbah yang murni dan mendewasakan. Datanglah beribadah secara rutin dan konsisten. Usahakanlah diri kita untuk menyukai Firman Tuhan. Amin..!

                                                                                      Doa Bapa Kami...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar