Kamis, 11 Maret 2010

Renungan Harian HKBP Tapian Nauli


Jumat                                                                                                                                                       05 Maret 2010
TUHAN itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia
dalam segala perbuatan-Nya.”
Mazmur 145 : 17

Mrk. 10 : 46 – 52                                                                                                                                    Kel. 34 : 6 – 7
                                                                                       KJ. 183 : 2

Keadilan dan kesetiaan adalah Mahal

Iman dan perbuatan adalah satu kesatuan. Penulis surat Yakobus mengatakan bahwa seseorang dapat disebut sebagai orang beriman bila dia dapat menunjukkan iman itu dalam perbuatannya (Yak 2:18-20). Dengan demikian tidak cukup seseorang mengaku diri sebagai orang beriman dengan mengatakan bahwa “aku percaya pada Allah,” melainkan harus mewujudnyatakan dalam segala tindakannya. Tindakan iman bukan hanya berdoa atau melakukan aktifitas kerohanian. “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.” (Mat 7:21).
Tuhan itu adil dalam segala jalanNya dan penuh kasih dalam segala perbuatanNya. Kesaksian ini diungkapkan pemazmur sebab berasal  dari pengalaman dirinya bersama dengan keadilan Tuhan. Pemazmur sangat merindukan akan kehadiran Tuhan untuk menyatakan keadilanNya di setiap tindaklanjut kehidupannya. Pemazmur mengimani, bahwa keadilan Tuhan dapat memberi kepuasan dan kekuatan baginya di dalam perseteruannya, sehingga ia dimenangkan. Pada jaman sekarang, ada beberapa penyebab mengapa tidak terjadi keadilan dan rasa adil. Sebagai gambaran yang umum, dikarenakan “korupsi, kolusi dan nepotisme” merupakan akar dari segalanya. Apabila manusia sebagai pelaku keadilan dipengaruhi hidupnya tidak adil maka keadilan tidak akan pernah tercipta, artinya keadilan disalahgunakan menjadi ketidakadilan.
Sesungguhnya hal seperti ini terjadi di tengah-tengah kehidupan bangsa Israel, di mana hamba Allah menyuarakan dan mengingatkan penguasa agar tetap memelihara dan menjalankan hokum keadilan yang bersumber dari firman Tuhan. Cerminan yang berharga di sini adalah keadilan Tuhan, sebab di dalam keadilanNya ada kasih yang mendalam yakni kasih yang menyelamatkan dan menghidupkan manusia yang percaya kepada keadilan Tuhan. Amin….!
                                                                         Doa Bapa Kami…




Tidak ada komentar:

Posting Komentar